16/01/2017

Tips Cara Menentukan Judul Skripsi yang Mudah dan Tepat Sasaran

Tips Cara Menentukan Judul Skripsi yang Mudah dan Tepat Sasaran-Bagi mahasiswa semester akhir menentukan judul skripsi memang gampang gampang susah, apalagi dengan cara yang mudah dan tepat sasaran. saya akan membagikan pengalaman saya dalam menentukan judul skripsi yang saya susun. langsung saja kita bahas;

Fokus
dalam menentukan judul skripsi hal yang paling utama yang perlu diperhatikan adalah fokus. fokus seseorang terhadap sesuatu dapat menjadikan pemikiran kita terbuka. dengan terbukannya pikiran seseorang maka kita akan mudah menentukan judul skripsi kita.

Sering seringlah pergi ke Perpustakaan
perpustakaan merupakan ladang ilmu bagi para penuntut ilmu. terdapat berbagai macam ilmu mulai dari hukum, ekonomi, agama, sosial, sains, dan lain lain. dengan sering mengunjungi perpustakaan fokus yang tadinya kita bangun menjadi terarahkan ke media buku. 

Menentukan konsentrasi tema
setelah kita pergi ke perpustakaan mungkin yang ada di benak kita adalah bingung karena sangat banyaknya tema yang akan kita angkat, tetapi dengan cara menentukan konsentrasi tema kita maka fokus kita akan terarahkan ke tahap perencanaan. dalam menentukan konsentrasi tema, ada sedikit tips yang biasanya digunakan para dosen untuk memotifasi mahasiswanya dalam menulis skripsi, diantaranya dan yang paling utama adalah dengan menentukan tema mana yang kita sukai. dengan menyukai suatu bahasan tema maka langkah kita akan lebih mudah dalam menyusun skripsi.

Menentukan garis besar permasalahan yang akan kita bahas
menentukan permasalahan yang akan kita bahas ternyata lebih sulit dari pada sekedar menentukan tema, ya, rata rata mahasiswa menentukan tema dulu baru permasalahannya, tidak terkecuali saya, hehe. menentukan garis besar permasalahan merupakan langkah mudah dan tepat sasaran dalam menentukan judul skripsi. ya dengan bermodal masalah yang akan kita bahas, maka kita dapat menjabarkannya ke dalam penulisan skripsi. tips dalam menentukan garis besar masalah yang akan kita bahas adalah;
  • masalah tersebut memang benar benar ada, dan bukan di rekayasa
  • masalah yang akan kita angkat usahakan jangan terlalu memberatkan kita, yang ujung ujungnya akan merasa tertekan
  • sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang bersangkutan
Cek ke lapangan 
pengecekan ke lapangan diperlukan agar judul yang kita pegang dapat dipertanggung jawabkan. hal ini dirasa penting karena dengan sek lapangan kita dapat menggali permasalahan besar ke sub sub permasalahan yang lebih khusus. pengalaman saya dalam menulis skripsi adalah banyak menggonta ganti rumusan masalah, karena disitulah letak point dari penelitian kita. untuk membuka point point ke bab pembahasan.

Usahakan jangan sama dengan mahasiswa lain yang mengambil tema yang sama
hal ini merupakan suatu ketakutan tersendiri bagi sebagian mahasiswa, karena tema yang mereka ambil pernah dibahas oleh mahasiswa yang lain atau sebelumnya. untuk mengantisipasi itu kita harus banyak membandingkan rumusan masalah kita dengan rumusan masalah skripsi orang lani. dan seandainya sama kita dapat mengantinya dengan objek atau variabel yang berbeda.

Berdoa dan Tawakal
berdoa dan tawakakal dilakukan seiring dengan proses demi proses yang kita lalui di atas. sebagai manusia kita hanya bisa pasrah atas segala daya dan upaya yang sudah kita lakukan.

demikianlan sedikit ulasan tentang  Tips Cara Menentukan Judul Skripsi yang Mudah dan Tepat Sasaran, semoga dapat memotivasi teman teman mahasiswa untuk menulis skripsi.
salam pendikan

Artikel Terkait

Tips Cara Menentukan Judul Skripsi yang Mudah dan Tepat Sasaran
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email